Welcome to My Blog

Kamis, 05 Oktober 2017

UPWB#5

REVIEW

                      Dalam pembelajaran mata kuliah psikologi minggu ini, saya mendapatkan hal-hal baru yang penting untuk masa depan saya.  Saya diajak untuk lebih mengenal tentang diri saya.  Saya ingin menjadi seorang tour leader/ tour guide. Untuk itu saya perlu mengetahui semua hal tentang tour leader/tour guide. Dan yang pasti saya juga harus mengetahui bagaimana caranya membentuk dan melatih diri saya untuk menjadi seorang tour guide nantinya. Ingin tahu penjelasan lebih jauhnya?? Baca kelanjutannya yaa guys ;)
                      Tour guide adalah petugas yang berkewajiban memberi petunjuk dan informasi yang diperlukan oleh wisatawan. Menurut saya, kemampuan yang dibutuhkan menjadi seorang tour guide, untuk intelektual (High) karena harus mengetahui banyak pengetahuan tentang sejarah, destinasi wisatam bahasan, peta, kuliner, budaya dsb.  Segi psikomotorik (Medium), harus memiliki kelincahan khusus untuk peka kepada kebutuhan-kebutuhan para wisatawan yang sedang didampingi. Segi perseptual (Medium), misalnya dapat memprediksi keadaan cuaca ataupun hal lain di lokasi-lokasi yang akan di kunjungi.  Jadi, menurut saya dari segi kemampuan yang paling penting adalah intelektualnya.
Berikutnya jika dilihat dari kepribadian, saya menganalisisnya menggunakan MBTI test.  Hasil kepribadian yang cocok seorang tour guide adalah "ESFP". Orang yang memiliki kepribadian ESFP adalah seseorang yang ramah, bersahabat dan dapat menerima orang lain.  Senang bekerja dengan orang lain dan dapat beradaptasi dengan mudah ke orang-orang dan lingkungan baru.  Jika dilihat dari segi minat. Saya menganalisis menggunakan RIASEC Test. Menurut saya hasil yang dibutuhkan adalah "EIS" (Enterprising, Investigative, Social).  Enterprising yang pertama karena seorang tour guide harus mempunyai rasa kepemimpinan, seperti mampu berbicara di depan umum guna memberikan informasi yang baik. Yang kedua Investigative, wajib memiliki pengetahuan yang luas. Dan yang ketiga adalah Social. Social juga tidak kalah pentingnya dari 2 hal tersebut. Karena untuk berkomunikasi dengan para wisatawan harus memiliki rasa sosial yang tinggi dan baik. Tour guide juga harus memiliki skill yang baik. Selain skill juga harus memiliki pengetahuan yang perlu dikuasai berupa bahasa-bahasa asing, sejarah, ilmu P3K, ilmu komunikasi, geografi, budaya, psikologi, fashion, public speaking, dsb. 
                     Dari semua itu, saya jadi mengerti dan akan banyak melatih diri untuk menjadi seorang tour guide.  Saya harus menyesuaikan diri saya dengan pekerjaan yang akan saya kerjakan nantinya. 

                                                            ~SEKIAN~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar